Selasa, 13 November 2012

FASHION: INDONESIA NEW HOME KIT

Dalam beberapa bulan terakhir, kostum ini menjadi pembicaraan yang cukup hangat di kalangan penggemar sepakbola Indonesia dan para penjual kaus di Indonesia. Sebuah kostum berwarna merah dengan strip hijau di bagian ujungnya, dengan logo burung Garuda di bagian dadanya, yang katanya akan dipakai oleh timnas Indonesia dalam rangka turnamen Piala AFF akhir tahun mendatang. Di beberapa tempat, kostum ini bahkan sudah dijual versi KW atau versi low end-nya. Kemarin, kostum ini akhirnya diluncurkan, dan ternyata apa yang selama ini menjadi bahan pembicaraan adalah kostum yang benar. Inilah kostum terbaru timnas Indonesia untuk Piala AFF 2012 ini, dan katanya akan dipakai hingga 2014 nanti.
Kostum timnas Indonesia untuk Piala AFF 2012 ini sebenarnya masih memakai pola desain yang sama dengan kostum sebelumnya, hanya saja kini unsur bayangan burung Garuda yang ada di bagian kostum digantikan dengan pola bayangan garis-garis dengan variasi warna tua dan warna muda. Untuk bagian lengannya, tidak ada pola bayangan garis-garis alias polos. Pada bagian bawah badan kostum terdapat strip warna hijau. Bagian strip hijau yang ada di ujung lengan kini lebih besar dan mengisi lingkar ujung lengan. Bagian kerah yang dulunya berbentuk kerah V kini berubah menjadi kerah bundar. Di bagian kerah dalam, terdapat tulisan "Bhinneka Tunggal Ika" yang memiliki pola dan bentuk yang sama dengan tulisan yang ada di bagian belakang logo burung Garuda di kostum sebelumnya. Warna celananya tetap sama, yaitu putih, dan kaus kakinya berwarna merah. Untuk lebih jelasnya soal kostum baru timnas Indonesia ini, kalian bisa lihat gambar2 berikut.
Kalau saya melihat kostum ini, jujur saja, saya agak merasa tidak terlalu menyukai desainnya. Berbeda dengan kostum timnas sebelumnya, kali ini saya menanggapinya dengan biasa saja. Kalau kalian perhatikan baik-baik, kostum ini memiliki template yang sama dengan beberapa kostum tandang klub2 Eropa, seperti Paris St. Germain, Atletico Madrid, dan Werder Bremen. Belum lagi dengan bentuk desainnya yang sedikit agak timpang saat kostum ini dikeluarkan dari celana, warna merah dan putih yang ada pada kostum ini jadi terpisah dengan warna hijau yang ada di bagian ujung bawah badan kostum. Kalau dibandingkan dengan kostum sebelumnya, kostum yang dulu menurut saya masih lebih bagus, karena ada ciri khasnya, yaitu pola bayangan burung Garuda yang bersinar di bagian badannya. Sebenarnya juga baju ini nggak jelek2 juga, tapi karena kostum ini memiliki template yang sama dengan beberapa klub Eropa, jadinya kostum ini nggak ada ciri khasnya dan terkesan tidak eksklusif. Mungkin bila dinilai, nilainya sekitar 7. Di satu sisi kostumnya bagus, tapi sebenarnya juga nggak bagus2 banget, kayak kostum sebelumnya. Jadi kurang lebih nilainya segitu. Seperti itu pendapat saya.
Well, saya pikir segitu saja tulisan saya untuk kali ini, semoga bisa memberi informasi baru untuk kalian semua. Terlepas dari kostumnya yang kesannya "biasa saja" menurut saya, tidak seperti kostum sebelumnya, mudah2an saja kostum ini juga bisa booming di masyarakat, sama halnya saat Piala AFF dua tahun lalu, di mana keberhasilan timnas Indonesia saat itu membuat semua kostum2 mereka, mulai dari kostum pertandingan hingga kostum pelatih jadi incaran semua orang dan laris manis di pasaran. Dan, semoga saja dengan kostum ini timnas Indonesia bisa bangkit dan meraih kesuksesan di Piala AFF nanti. Kostum ini akan dipakai pertama kali saat pertandingan persahabatan melawan Timor Leste hari Rabu besok. Seperti yang tadi saya katakan, karena kostum ini menjadi pembicaraan di berbagai kalangan dan sudah bocor, maka kostum ini sudah dijual versi KW-nya dan juga versi low end-nya. Mungkin saya akan memikirkan untuk memilikinya juga, tergantung prestasi timnas dengan kostum ini, tentunya. Kebetulan dulu saya ingin sekali punya kostum timnas Indonesia dengan nama Irfan Bachdim di belakangnya, cuma sayangnya saya hanya dapat kostumnya yang polos alias tanpa nama. Kini, dengan peluncuran kostum ini dan kembalinya Irfan Bachdim ke timnas dengan nomor baru (dulu 17, sekarang 10), mungkin saya bisa memulai kembali pencarian kostum Irfan Bachdim itu, meskipun kali ini saya harus menerima kenyataan kalau kostumnya sudah berbeda dibandingkan sebelumnya. Yah, pada akhirnya kostum ini nggak jelek2 banget, hanya saja menurut saya, masih lebih bagus kostum yang lama. Oke, kalau begitu saya pikir cukup, sekarang saatnya saya untuk mengakhiri posting ini, sekian posting saya, dan Happy Enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar